rachmat

Current Date:19 October, 2020

Apa itu Telegram?

Telegram
5
(7)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin membahas tentang salah satu aplikasi chatting yang saat ini cukup banyak digunakan oleh pengguna teknologi di dunia yaitu Telegram. Gak perlu basa-basi lagi, yuk langsung masuk ke pembahasan mengenai Telegram.

Apa itu Telegram?

Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengiriman pesan instan berbasis cloud yang bersifat gratis dan nirlaba. Aplikasi Telegram ini merupakan sebuah perangkat lunak buatan Rusia. Para pengguna dapat mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker, audio, dan tipe berkas lainnya melalui Telegram. Selain itu Telegram juga dapat Anda gunakan di berbagai platform atau sistem operasi seperti Android, iOS, MacOS, Windows OS dan Linux OS (versi desktop) secara bersamaan.

Kelebihan Telegram

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari aplikasi Telegram yang berhasil Saya rangkum, kelebihan aplikasi Telegram antara lain:

  1. Fleksibel, pada aplikasi Telegram Anda bisa membuat fitur-fitur tambahan yang disertakan dalam aplikasi Telegram. Misalkan Anda ingin membuat sebuah survey, maka Anda bisa membuatnya sendiri tanpa harus menunggu update fitur dari Developer-nya. Hal ini membuat aplikasi Telegram menjadi lebih fleksibel jika dibanding aplikasi sejenis seperti WhatsApp, LineMessenger ataupun lainnya.
  2. Cloud-Based Message, aplikasi Telegram ini merupakan aplikasi pesan berbasis awan (cloud-based message). Dengan menggunakan Telegram Anda bisa berkomunikasi dengan siapapun (yang juga punya akun aplikasi Telegram) tanpa batasan perangkat. Aplikasi Telegram ini bisa di akses melalui Smartphone dan PC. Dengan aplikasi Telegram Anda juga bisa berbagi pesan dengan tipe apapun baik teks, foto, video, audio, ataupun tipe lainnya dengan ukuran file hingga 1.5 GB.
  3. Sync Text Messages, Pada aplikasi Telegram jika Anda menghapus atau mengedit pesan yang Anda kirimkan, maka pesan yang diterima oleh lawan chatting Anda juga akan ikut berubah.
  4. Channel, ini adalah sebuah bentuk komunikasi satu arah seperti halnya Broadcast Message di BBM dan WhatsApp. Hanya saja penggunaan Channel ini jauh lebih mudah. Jika Anda menggunakan broadcast message, Anda harus menentukan siapa saja yang akan Anda kirimi pesan, namun dengan Channel Anda cukup fokus pada konten saja tanpa perlu memikirkan bagaimana mengirimkannya. Karena setelah Anda menulis pesan dengan fitur Channel ini, Channel akan secara otomatis masuk ke orang-orang yang mengikuti Anda.
  5. Memory Friendly, jika pada WhatsApp file yang dibagikan tersimpan dalam media penyimpanan Smartphone, namun pada aplikasi Telegram file tersebut tersimpan selamanya pada server dan tidak akan terhapus atau hilang kecuali Anda menghapusnya dan ada bencana. Membagikan file baik dalam bentuk foto, video, ataupun audio juga tidak akan membebani memori dari smartphone anda. Hal inilah yang membuat Telegram jadi lebih unggul jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya.
  6. Security, aplikasi Telegram menggunakan enkripsi jenis end-to-end. Walaupun fitur ini juga terdapat pada WhatsApp, tapi keamanan pada Telegram masih dibilang lebih aman karena menggunakan skema MTProto.
  7. Secret Chat, pada aplikasi Telegram terdapat fitur Secret Chat. Secret Chat adalah sebuah pesan yang secara otomatis akan menghapus sendiri, sehingga keamanan dan privasi pesan Anda sangat terjamin.

Kekurangan Telegram

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari aplikasi Telegram yang berhasil Saya rangkum, kelebihan aplikasi Telegram antara lain:

  1. Tidak ada Fitur Video Call, Jika dibandingkan dengan WhatsApp ataupun Line yang sudah menyediakan fitur video call sejak awal perilisan. Beda halnya dengan aplikasi Telegram yang tidak menyediakan fitur video call. Kalau dari asumsi saya, mungkin pihak Telegram memegang teguh prinsip bahwa private pengguna sangat penting sehingga tidak menambahkan fitur ini. Untuk kedepannya, saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada aplikasi Telegram apakah akan menambah fitur video call atau tidak. Mari kita tunggu perkembangannya.
  2. Tidak ada Fitur Stories, Jika dibandingkan dengan WhatsApp ataupun Line yang sudah menyediakan fitur Stories. Beda halnya dengan aplikasi Telegram yang tidak menyediakan fitur Stories.

Apabila kalian masih penasaran dengan aplikasi Telegram atau ingin membongkar lebih dalam lagi tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi Telegram, Anda dapat mencari tutorialnya di joshswiller.com.

Demikian pembahasan tentang aplikasi Telegram, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 5/5 dari 7 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.



Hai kak, 1x klik iklan pada blog ini merupakan bentuk donasi Anda untuk kemajuan blog ini. 😉