rachmat

Current Date:19 October, 2020

Tutorial Cara Instalasi Golang

Go atau yang biasa dikenal dengan nama Golang merupakan bahasa pemrograman Open Source yang merupakan hasil karya dari Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson yang juga merupakan karyawan dari perusahaan raksasa Google. Bahasa ini dikembangkan pada tahun 2007 dan mulai dikenalkan ke publik pada tahun 2009.
5
(30)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin melanjutkan tulisan Saya yang sebelumnya yaitu tentang Mengenal Bahasa Pemrograman Golang. Untuk Anda yang belum tau tentang bahasa pemrograman Golang silahkan baca tulisan Saya yang sebelumnya ya. Kali ini Saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara instalasi Golang pada sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS.

Yuk, mari baca dan simak tulisan ini sampai habis. Di jamin akan memberikan manfaat yang besar untuk menambah pengetahuan Anda. Oke, langsung saja ya.

Pertama yang perlu Anda dilakukan sebelum bisa menggunakan Golang adalah instal terlebih dahulu. Panduan untuk instalasi sebenarnya sudah disediakan di situs official Golang, berikut ini linknya: http://golang.org/doc/install#install. Namun pada tulisan ini Saya akan coba meringkas panduan dan petunjuk instalasi pada link tersebut, dengan tujuan agar bisa lebih mudah di mengerti oleh Anda yang baru belajar tentang bahasa pemrograman Golang ini.

Sebelum masuk ke proses instalasi, Anda harus download Golang terlebih dahulu. Anda bisa download installer Golang sesuai dengan sistem operasi dan jenis bit (32bit atau 64bit) yang Anda gunakan pada link berikut ini: https://golang.org/dl/. Saat tulisan ini di terbitkan, pada website official Golang versi terupdate adalah versi 1.13.3.

Jika proses download sudah selesai, silahkan simak panduan instalasi dibawah ini.

Instalasi Golang di Windows

1. Jalankan installer, klik next sampai proses instalasi selesai. Secara By default jika Anda tidak mengubah path pada saat instalasi, Golang akan terpasang atau terinstal di C:\go. Path tersebut secara otomatis didaftarkan dalam path variable.

2. Buka Command Prompt atau CMD, eksekusi perintah untuk mengecek versi Golang.

$ go version

3. Jika output sama dengan Golang yang terpasang atau terinstal, menandakan proses instalasi berhasil.

Catatan: Kadang sering terjadi syntax command go version tidak dapat dijalankan meskipun instalasi sukses. Solusi perihal ini, Anda bisa dengan cara restart CMD (close atau tutup CMD, lalu buka kembali). Setelah itu coba jalankan sekali lagi syntax command tersebut.

Instalasi Golang di Linux

1. Untuk sistem operasi Linux Anda bisa download dan instal Golang melalui CLI dengan menggunakan wget atau curl. Gunakan syntax command di bawah ini.

$ wget -c https://storage.googleapis.com/golang/go1.13.3.linux-amd64.tar.gz

2. Buka terminal atau bisa juga dengan putty, extract archive tersebut ke /usr/local, gunakan syntax command di bawah ini.

$ tar -C /usr/local -xzf go1.13.3.linux-amd64.tar.gz

3. Setelah itu export path-nya, gunakan syntax command di bawah ini.

$ echo "export PATH=$PATH:/usr/local/go/bin" >> ~/.bashrc
$ source ~/.bashrc

4. Selanjutnya, eksekusi dengan perintah berikut ini untuk testing apakah Golang sudah terinstal dengan benar.

$ go version

5. Jika output sama dengan Golang yang terpasang atau terinstal, menandakan proses instalasi berhasil.

Instalasi Golang di Mac OS

Cara termudah untuk instalasi Golang di Mac OS adalah dengan menggunakan Homebrew. Apa itu Homebrew? Homebrew merupakan salah satu package manager terpopuler pada MAC OS.

1. Jika belum ada, Anda instal terlebih dahulu Homebrew, jalankan perintah berikut ini di terminal.

$ ruby -e "$(curl -fsSL http://git.io/pVOl)"

2. Instal atau pasang Golang menggunakan syntax command brew.

$ brew install go

3. Tambahkan path ke dalam environment variable.

$ echo "export PATH=$PATH:/usr/local/go/bin" >> ~/.bash_profile
$ source ~/.bash_profile

4. Selanjutnya, eksekusi dengan perintah berikut ini untuk testing apakah Golang sudah terinstal dengan benar.

$ go version

5. Jika output sama dengan Golang yang terpasang atau terinstal, menandakan proses instalasi berhasil.

Secara default, setelah proses instalasi Golang selesai, secara otomatis akan muncul sebuah environment variabel bernama GOROOT. Isi dari environment variabel ini adalah lokasi dimana Golang terinstal. Sebagai contoh di Windows, ketika Golang di instal pada direktori C:\go, maka path tersebut akan menjadi isi atau value dari GOROOT.

Demikian pembahasan tentang Tutorial Cara Instalasi Golang, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 5/5 dari 30 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.



Hai kak, 1x klik iklan pada blog ini merupakan bentuk donasi Anda untuk kemajuan blog ini. 😉