rachmat

Cara Membuat Akun Google Play Console

Google Play Console
5
(16)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat akun Google Play Console. Dalam proses pembuatannya terdapat 2 tahap yang harus Anda dilewati yaitu: tahap pendaftaran dan tahap verifikasi identitas. Untuk mendapatkan akun Google Play Console tidaklah gratis alias bayar, Anda harus menyiapkan uang senilai $25 (US Dollar) agar bisa terdaftar menjadi member Google Play Console. Jadi, bila diasumsikan harga kurs 1 dollar senilai Rp 14.000, maka Anda harus menyiapkan uang dalam mata uang Rupiah senilai 14.000 x 25 = Rp 350.000.

Apa itu Google Play Console?

Google Play Console adalah sebuah akun khusus developer untuk mempublikasikan aplikasi mobile jenis Android. Google Play merupakan platform aplikasi Android terbesar saat ini. Dengan akun Google Play Console, aplikasi yang Anda buat bisa dijangkau dari seluruh penjuru dunia. Di platform Google Play ini Anda juga bisa berjualan aplikasi ataupun game.

Google Play Console sendiri memiliki beberapa sebutan khusus di kalangan tertentu. Di antaranya yaitu: Google Developer (GoDev), Google Play Developer dan Google Play Developer Console.

Daftar Akun Google Play Console

Tanpa panjang lebar lagi, Yuk mari baca dan simak tulisan ini sampai habis. Di jamin akan memberikan manfaat yang besar untuk menambah pengetahuan Anda. Oke, langsung saja ya. Berikut ini adalah cara mendaftar akun Google Play Console, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Buka browser Anda, lalu kunjungi link https://play.google.com/apps/publish dan Anda akan di arahkan ke halaman login Google Account. Masukan username dan password email gmail yang ingin Anda daftarkan di Google Play Console.

2. Setelah Anda berhasil login, Anda akan diarahkan ke halaman berikut ini:

Cara Membuat Akun Google Play Console

Lihat bagian yang Saya berikan tanda kotak berwarna hijau, checkbox tersebut wajib di centang. Dengan mencentang checkbox tersebut artinya Anda telah menyetujui semua persyaratan dan kebijakan yang ada di Google Play Console. Untuk melihat persyaratan dan kebijakan Google Play Console tersebut, Anda bisa klik link “persyaratan distribusi Pengembang Google Play” yang ada di atas checkbox tersebut. Dan sudah tertulis juga, bahwa untuk dapat memiliki akun Google Play Console ini setidaknya usia Anda harus mencapai 18 tahun. Setelah Anda mencentang checkbox tersebut, tekan tombol “LANJUTKAN PEMBAYARAN”.

3. Selanjutnya Anda akan menemukan form pembayaran seperti berikut ini:

Cara Membuat Akun Google Play Console

Silahkan Anda masukan 16 digit nomor kartu kredit, bulan dan tahun expired kartu kredit serta 3 digit angka CVC yang ada di belakang kartu kredit Anda. Kemudian masukan Nama pemilik kartu kredit beserta Alamat penagihan sesuai dengan data identitas Anda yang sebenarnya. Semua data yang Anda masukan harus valid, karena setelah proses pembayaran ini selesai data identitas Anda akan di verifikasi. Setelah isi form pembayaran selesai, klik tombol “BELI”. Jika proses pembayaran sukses, akan muncul alert atau notifikasi seperti berikut ini:

Cara Membuat Akun Google Play Console

Selain alert atau notifikasi di atas, Anda juga mendapatkan 2 email notifikasi dari Google Payments seperti berikut ini:

Cara Membuat Akun Google Play Console

Isi dari email ke-1 :

Cara Membuat Akun Google Play Console

Isi dari email ke-2 :

Cara Membuat Akun Google Play Console

Langkah selanjutnya, klik link “LANJUTKAN PENDAFTARAN” pada notifikasi di browser untuk melanjutkan pendaftaran.

4. Kemudian Anda akan di arahkan ke halaman berikut ini:

Cara Membuat Akun Google Play Console

Pada tahapan ini Anda harus melengkapi form yang ada pada gambar di atas. Perhatikan label pada setiap kolom form tersebut. Kolom yang memiliki tanda asterisk atau bintang (*) artinya wajib di isi. Setelah Anda selesai mengisi form tersebut, klik tombol “SELESAIKAN PENDAFTARAN” untuk menyimpan data dan secara otomatis Anda akan diarahkan ke halaman berikut ini:

Cara Membuat Akun Google Play Console

Sampai pada tahapan ini proses pendaftaran telah selesai. Namun karena peraturan Google yang semakin ketat, agar akun bisa digunakan Anda di wajibkan melakukan verifikasi identitas diri Anda berupa foto KTP, SIM dan PASPOR (pilih salah satu). Jika Anda tidak melakukan verifikasi tersebut, pendaftaran yang Anda lakukan sebelumnya akan menjadi sia-sia sebab akun yang Anda buat tidak bisa digunakan sehingga Anda tidak dapat mempublikasikan aplikasi Anda ke Google Play atau Play Store.

Verifikasi Identitas Akun Google Play Console

Setelah selesai mendaftar akun Google Play Console, akan muncul sebuah notifikasi seperti berikut ini:

Cara Membuat Akun Google Play Console

Anda di minta Google untuk melakukan verifikasi identitas diri Anda dengan memasukan foto KTP, SIM dan PASPOR (pilih salah satu). Bagaimana caranya? simak dan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Klik link “VERIFIKASI ID” pada notifikasi yang muncul di akun Google Play Console Anda.

2. Kemudian Akan muncul sebuah form untuk upload foto identitas berupa KTP, SIM dan PASPOR seperti berikut ini:

Cara Membuat Akun Google Play Console

Untuk melakukan upload foto identitas Anda klik pada link “Unggah” (perhatikan pada bagian kotak berwarna hijau), kemudian akan muncul Windows Explorer untuk mencari lokasi foto identitas Anda. Pada tutorial ini Saya menggunakan identitas berupa foto KTP, berikut ini adalah tampilan form ketika foto identitas berhasil di upload:

Cara Membuat Akun Google Play Console

3. Setelah proses upload selesai, klik tombol “KIRIM” untuk submit ke Google. Bila submit berhasil akan tampil sebuah alert atau notifikasi seperti di bawah ini:

Cara Membuat Akun Google Play Console

Klik tombol “OKE” pada notifikasi dan secara otomatis Anda akan diarahkan ke halaman utama kembali:

Cara Membuat Akun Google Play Console

Perhatikan kotak merah pada gambar di atas, terdapat notifikasi yang berisikan informasi bawah verifikasi identitas sedang berlangsung. Anda diminta untuk menunggu hingga 2 hari kerja, selama proses verifikasi tersebut Anda tidak bisa mempublikasikan aplikasi. Akun Google Play Console Anda akan siap digunakan setelah proses verifikasi identitas Anda selesai dan berhasil.

2 HARI KEMUDIAN

Setelah menunggu 2 hari akhirnya proses verifikasi identitas Saya telah selesai, apabila proses verifikasi berhasil Anda akan mendapatkan email notifikasi seperti berikut ini:

Cara Membuat Akun Google Play Console

Yang isinya sebagai berikut:

Cara Membuat Akun Google Play Console

Dan ketika Anda membuka akun Google Play Console, Anda akan mendapatkan notifikasi seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat Akun Google Play Console

Lalu bagaimana jika proses verifikasi identitas gagal atau ditolak oleh Google? Ada 2 faktor penyebab terjadinya gagal dan ditolak saat proses verifikasi identitas.

  1. Foto identitas yang Anda submit ke Google tidak jelas atau tidak terbaca. Untuk masalah ini, Anda akan diminta untuk upload ulang foto identitas Anda. Selanjutnya menunggu kembali proses verifikasi tersebut sampai selesai.
  2. Pernah terjadi pelanggaran oleh data identitas yang di submit ke Google. Ini bisa menjadi alasan utama kenapa verifikasi identitas Anda ditolak. Dari hasil penelusuran dan sharing dengan orang yang sering bermain di Google Play Console, Google sangatlah ketat dan tidak bisa memberikan toleransi kepada data identitas yang sudah pernah melanggar kebijakan. Proses pendaftaran yang Anda lakukan sebelumnya akan menjadi sia-sia, karena bisa saja akun yang baru Anda buat tersebut langsung di Suspend/Banned oleh Google.

Selesai. Sangat mudah kan?

Demikian pembahasan tentang Cara Membuat Akun Google Play Console, silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini bila ingin bertanya atau memberi masukan. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 5/5 dari 16 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *