rachmat

Current Date:27 February, 2020

Cara Membuat Email Domain di cPanel

cPanel adalah sebuah panel kontrol layanan hos web pada Linux yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web.
0
(0)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin memberikan tutorial cara membuat akun email domain website melalui cPanel. Tanpa panjang lebar lagi, Yuk mari baca dan simak tulisan ini sampai habis. Di jamin akan memberikan manfaat yang besar untuk menambah pengetahuan Anda. Oke, langsung saja ya.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka cPanel dengan username dan password Anda masing-masing.

2. Lalu cari blok menu Email seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat Email Domain di cPanel

Dan klik menu Email Accounts, seperti pada bagian yang Saya tandai dengan kotak warna merah di gambar.

3. Kemudian akan terbuka tampilan seperti gambar berikut ini:

Cara Membuat Email Domain di cPanel

Tampilan di atas berisi informasi email-email yang sudah pernah Anda buat sebelumnya. Untuk membuat email baru Anda bisa Klik tombol CREATE pada bagian yang sudah Saya berikan tanda kotak warna merah seperti gambar di atas.

4. Setelah Klik tombol CREATE, akan terbuka sebuah halaman yang berisi form pembuatan email seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat Email Domain di cPanel

Dari form pengisian data email di atas terdapat 5 blok kolom yang harus di isi, berikut ini penjelasannya:

  • Domain, pada kolom ini mengharuskan Anda memilih domain yang ingin Anda gunakan sebagai identitas email yang akan Anda buat. Contohnya: username@domain.com
  • Username, pada kolom ini Anda diharuskan membuat username yang ingin Anda gunakan. Contohnya: username@domain.com
  • Security, pada kolom ini Anda diharuskan membuat password untuk bisa masuk ke email yang Anda buat. Dan untuk lebih mengamankan email, buatlah password yang tingkat secure-nya tinggi.
  • Storage Space, pada kolom ini Anda harus menentukan batasan kapasitas dari email tersebut. Satuan batasan yang tersedia yaitu MegaByte (MB), GigaByte (GB), TeraByte (TB) dan PetaByte (PB). Namun jika tidak ingin membatasi, Anda bisa pilih Unlimited.
  • Pada blok kolom ke 5 ini, biarkan sesuai dengan setingan standarnya saja yaitu dengan memilih “Automatically Create Folders” yang bertujuan untuk membuat folder email secara otomatis. Selanjutnya mencentang pilihan “Send a welcome email with instructions to set up a mail client“, hal ini bertujuan untuk mengirimkan email yang berisi tentang cara konfigurasi email yang Anda buat pada perangkat-perangkat yang ingin Anda pasangkan akun email tersebut (email dikirim ke alamat email yang Anda buat). Kemudian untuk pilihan “Stay on this page after I click Create” sifatnya optional, jika Anda centang maka setelah Anda tekan tombol CREATE email akan terbuat lalu Anda tetap berada di halaman yang sama untuk membuat email kembali, bila sebaliknya Anda akan di arahkan ke halaman point nomor 3.

5. Tekan tombol CREATE untuk membuat email. Selesai

Sampai disini email sudah berhasil dibuat. Selanjutnya, bagaimana cara cek emailnya? untuk di cPanel sendiri sudah tersedia 2 buah aplikasi untuk membuka email yang Anda buat, di antaranya yaitu: horde dan roundcube. Ikuti langkah di bawah ini:

Cara Membuat Email Domain di cPanel

Klik tombol CHECK EMAIL (lihat gambar di atas), lalu Anda akan di arahkan ke halaman seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat Email Domain di cPanel

Kemudian Klik logo horde atau roundcube untuk membuka email Anda.

Gimana? Sangat mudah kan?

Demikian pembahasan tentang Cara Membuat Email Domain di cPanel, silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini bila ingin bertanya atau memberi masukan. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 0/5 dari 0 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *