rachmat

Current Date:27 May, 2020

Cara Menggunakan Cron Jobs di cPanel

cPanel adalah sebuah panel kontrol layanan hos web pada Linux yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web.
5
(2)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara menggunakan Cron Jobs di cPanel Hosting. Cron Jobs merupakan sebuah tools untuk menjalankan script pemrograman dengan jadwal tertentu pada sistem operasi Linux, kalau di versi sistem operasi Windows bernama Task Scheduler.

Tanpa panjang lebar lagi, Yuk mari baca dan simak tulisan ini sampai habis. Di jamin akan memberikan manfaat yang besar untuk menambah pengetahuan Anda. Oke, langsung saja ya.

Untuk contoh kasus, pada tutorial ini Saya ingin mencoba membuat sebuah Cron Jobs atau penjadwalan untuk menjalankan file PHP yang bernama script-cron-jobs.php setiap hari pada tengah malam pukul 00.00. Bagamana caranya? ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Login pada cPanel hosting Anda.

2. Cari menu Advanced (Lanjutan) dan Klik menu Cron Jobs seperti gambar berikut ini:

Cara Menggunakan Cron Jobs di cPanel

3. Setelah Anda masuk ke menu Cron Jobs, Anda akan menemukan form pengisian dari Cron Jobs seperti berikut ini:

Cara Menggunakan Cron Jobs di cPanel

Form pengisian tersebut terdiri dari 3 bagian yaitu:

  1. Common Setting, berisi format penjadwalan standar atau yang biasa digunakan kebanyakan orang.
  2. Parameter Waktu, pada bagian ini Anda bisa mengisikan secara terperinci penjadwalan seperti apa yang Anda inginkan.
  3. Command, kolom ini berisi path lokasi compiler dan file script yang ingin Anda jalankan.

Bila Anda masih pemula dalam penggunaan Cron Jobs ini ada baiknya bahasa yang digunakan pada cPanel di ubah ke dalam Bahasa Indonesia terlebih dahulu.

4. Selanjutnya isi kolom Common Setting dengan memilih Once Per Day (0 0 * * *) dan secara otomatis kolom Parameter Waktu akan terisi seperti berikut ini:

  1. Minute (Menit) = 0
  2. Hour (Jam) = 0
  3. Day (Hari) = *
  4. Month (Bulan) = *
  5. Weekday (Minggu) = *

Kolom Parameter Waktu tersebut bisa juga Anda isi secara manual tanpa harus mengisi kolom Common Setting, jadi disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kemudian isi kolom Command dengan path lokasi compiler dan file PHP yang ingin Anda jalankan melalui Cron Jobs ini. Pada cPanel secara default lokasi compiler PHP berada di /usr/local/bin/php sehingga menghasilkan tampilan seperti dibawah ini:

Cara Menggunakan Cron Jobs di cPanel

Maksud dari isi kolom-kolom diatas adalah menjalankan file script-cron-jobs.php pada menit ke 0 (00), jam 0 (00), setiap hari, setiap bulan dan setiap minggu. Arti tanda bintang adalah semua atau setiap waktu.

5. Save dengan cara klik tombol Add New Cron Jobs, lalu akan menghasilkan output seperti dibawah ini:

Cara Menggunakan Cron Jobs di cPanel

6. Selesai. Sangat mudah kan?

Sebenarnya masih banyak lagi contoh-contoh yang bisa diterapkan pada penggunaan Cron Jobs ini, mungkin akan Saya berikan pada tulisan-tulisan berikutnya ya.

Demikian pembahasan tentang Cara Menggunakan Cron Jobs di cPanel, silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini bila ingin bertanya atau memberi masukan. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 5/5 dari 2 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *