rachmat

Current Date: 1 June, 2020

Cara Mengubah URL Halaman Login WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka.
5
(3)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin sharing tentang bagaimana cara mengubah URL halaman login pada WordPress. Tujuan dan fungsi dari tutorial ini adalah untuk menyembunyikan halaman login WordPress agar terhindar dari tangan-tangan jahil yang ingin meretas website atau blog Anda.

Halaman login WordPress merupakan halaman yang sangat penting, karena menjadi satu-satunya pintu untuk masuk ke dalam Content Management System (CMS) untuk mengakses konten-konten yang ada di website Anda, jadi sudah sepantasnya untuk di sembunyikan.

Tanpa panjang lebar lagi, Yuk mari baca dan simak tulisan ini sampai habis. Di jamin akan memberikan manfaat yang besar untuk menambah pengetahuan Anda. Oke, langsung saja ya.

Untuk mengubah URL halaman login WordPress, Anda bisa install plugin “WPS Hide Login” pada WordPress Anda. Cari pada menu plugin Anda, berikut ini tampilan plugin-nya:

Cara Mengubah URL Halaman Login WordPress

Install dan aktifkan plugin tersebut, setelah proses install plugin sudah selesai dan berhasil di aktifkan selanjutnya pilih menu:

pengaturan (Setting) –> umum (general)

Kemudian tarik scroll sampai bawah, lalu Anda akan menemukan form untuk mengatur URL halaman login WordPress yang berasal dari plugin “WPS Hide Login“. Lihat gambar berikut ini:

Cara Mengubah URL Halaman Login WordPress

Pada form tersebut terdapat 2 kolom yang harus Anda isi, yaitu Login url dan Redirection url. Kolom Login url berfungsi untuk menentukan link atau URL baru yang ingin Anda buat untuk mengakses halaman login WordPress Anda. Sedangkan kolom Redirection url berfungsi untuk menentukan halaman tujuan redirect ketika halaman default login WordPress seperti direktori wp-admin dan wp-login.php di akses, biasanya kolom ini di isi dengan URL halaman 404 (Not Found) website Anda. Kemudian setelah Anda selesai mengatur URL halaman login tersebut, tekan tombol Save atau Simpan untuk menyimpan perubahan.

Selanjutnya lakukan test dengan mengakses halaman login WordPress Anda dengan Link atau URL yang sudah Anda tentukan.

Selesai. Sangat mudah kan?

Demikian pembahasan tentang Cara Mengubah URL Halaman Login WordPress, silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini bila ingin bertanya atau memberi masukan. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 5/5 dari 3 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *