rachmat

Current Date: 3 August, 2020

Cara Membuat Redirect Halaman Website

Coding adalah tentang menerjemahkan logika ke dalam bahasa pemrograman komputer. Sementara itu, coder adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan coding, juga biasa disebut dengan programmer. Dua istilah di atas tentu sudah tidak asing bagi mahasiswa atau seorang profesional yang menekuni bidang IT.
4.3
(7)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya akan memberikan tutorial sedarhana tentang bagaimana cara membuat redirect halaman pada sebuah website. Sesuai namanya, teknik redirect halaman ini biasa digunakan untuk melakukan sebuah pengalihan URL atau link pada website, dengan redirect ini Anda akan diarahkan dari halaman lama ke halaman yang baru.

Untuk lebih jelasnya akan Saya analogikan seperti ini, misalnya Anda mempunyai 2 halaman dengan alamat URL yang berbeda, sebut saja Halaman A dan Halaman B. Anda ingin melakukan redirect dari Halaman A ke Halaman B, maka Anda harus menyisipkan script redirect pada Halaman A, sehingga bila ada orang yang mengakses Halaman A secara otomatis akan segera diarahkan ke Halaman B.

Ngerti Kan?

Nah, pada tutorial ini Saya akan memberikan script-script yang bisa Anda gunakan untuk membuat redirect halaman seperti analogi diatas. Yuk mari baca dan simak tutorial ini sampai habis, di jamin akan memberikan manfaat yang besar untuk pengetahuan Anda. Oke, langsung saja ya.

Cara Redirect Halaman dengan HTML

Cara yang pertama dengan menggunakan HTML, berikut ini adalah script HTML yang bisa Anda gunakan untuk melakukan redirect halaman. Cara pemasangannya sangatlah mudah, Anda cukup sisipkan atau letakan script ini pada bagian tag <head> </head>. Lihat script dibawah ini:

<html>
<head>
<title> Halaman A </title>
<meta http-equiv="refresh" content="3;url=https://rachmat.id">
<head>
<body> Halaman A </body>
</html>

Script diatas bernama tag meta, memiliki atribut http-equiv yang berisikan instruksi melakukan refresh halaman. Kemudian ada atribut content yang berisi 2 parameter yaitu delay dan url. Delay berisi nilai berupa angka yang memiliki satuan detik, lalu url berisi link halaman yang akan menjadi tujuan atau destinasi redirect.

Pada contoh script diatas, halaman akan melakukan redirect setelah menunggu selama 3 detik, setelah 3 detik berlalu halaman secara otomatis akan berpindah ke https://rachmat.id. Jika Anda tidak ingin menggunakan waktu tunggu atau delay, Anda bisa isi parameter delay dengan nilai angka 0.

Cara Redirect Halaman dengan JavaScript

Cara yang kedua dengan menggunakan JavaScript, berikut ini adalah script JavaScript yang bisa Anda gunakan untuk melakukan redirect halaman. Pada JavaScript terdapat 3 jenis script yang bisa Anda gunakan, di antaranya yaitu window.location, window.location.href dan window.location.replace().

Cara pemasangannya sangatlah mudah, Anda masih cukup sisipkan atau letakan script ini pada bagian tag <head> </head>, lalu jangan lupa setiap penulisan JavaScript Anda juga harus sertakan tag <script type="text/javascript> </script>. Lihat script dibawah ini:

<html>
<head>
<title> Halaman A </title>
<script type="text/javascript">
window.location = "https://rachmat.id";
</script>
<head>
<body> Halaman A </body>
</html>

atau

<html>
<head>
<title> Halaman A </title>
<script type="text/javascript">
window.location.href = "https://rachmat.id";
</script>
<head>
<body> Halaman A </body>
</html>

atau

<html>
<head>
<title> Halaman A </title>
<script type="text/javascript">
window.location.replace("https://rachmat.id");
</script>
<head>
<body> Halaman A </body>
</html>

Jika ingin menggunakan waktu tunggu atau delay, Anda bisa menggunakan script dibawah ini:

<html>
<head>
<title> Halaman A </title>
<script type="text/javascript">
setTimeout(
  function(){
    window.location = "https://rachmat.id" 
  },
1000); // waktu tunggu atau delay
</script>
<head>
<body> Halaman A </body>
</html>

Pada method setTimeout(), waktu tunggu atau delay memiliki satuan Milidetik yang berarti 1000 Milidetik = 1 Detik.

Cara Redirect Halaman dengan PHP

Cara yang ketiga dengan menggunakan script PHP, jika website Anda menggunakan PHP berikut ini adalah script PHP yang bisa Anda gunakan untuk melakukan redirect halaman. Lihat script dibawah ini:

<?php header("location: https://rachmat.id"); ?>

Gimana? Mudah Kan.

Demikian pembahasan tentang Cara Membuat Redirect Halaman Website, silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini bila ingin bertanya atau memberi masukan. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 4.3/5 dari 7 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.

5 Komentar

  1. Burhan rengas Reply

    Ternyata simple yah…gak kebayang tehnik ini…

    Padahal ada yg buka layanan dg harga yg lumayan utk hal spt di postingan ini…hehe

    Alhamdulillah , ilmu yg langka mas bro…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Hai kak, 1x klik iklan pada blog ini merupakan bentuk donasi Anda untuk kemajuan blog ini.

😉