rachmat

Current Date:19 October, 2020

Mengenal Magento – CMS Powerful untuk Membuat Toko Online

4.9
(34)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin membahas tentang Magento salah satu CMS yang sangat powerful untuk membuat sebuah toko online. Beberapa tahun belakangan ini, developer Magento sangat banyak di cari terutama di indonesia. Kenapa? karena saat ini sedang marak orang-orang pelaku usaha membuat metode penjualan produk melalui internet yaitu dengan cara membuat toko online atau biasa di sebut dengan e-commerce.

Berapa sih gaji seorang developer Magento? pastinya untuk harga gajinya bisa di bilang tidak murah, untuk memastikannya Anda bisa searching sendiri ya, karena fokus dari tulisan ini adalah pengenalan tentang Magento itu sendiri. Pasti Anda penasaran kan? Apa itu Magento? dan Apa kelebihannya sehingga bisa menjadi pilihan Anda untuk membuat toko online? lalu Apa kekurangannya?

Yuk, mari baca dan simak tulisan ini sampai habis. Di jamin akan memberikan manfaat yang besar untuk menambah pengetahuan Anda. Oke, langsung saja ya.

Apa itu Magento?

Magento adalah sebuah Content Management System (CMS) atau platform e-commerce Open Source yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP. Magento dibuat menggunakan Zend Framework. Magento merupakan salah satu sistem e-commerce terbuka yang paling populer di jaringan international. Kode sumber Magento di distribusikan di bawah Open Source Initiative (OSI) yang disetujui oleh Open Software License (OSL) v3.0, yang mirip dengan AGPL tetapi tidak sesuai dengan GPL.

Sejarah Singkat Magento

Magento awalnya dikembangkan oleh Varien, Inc., sebuah perusahaan swasta Amerika Serikat yang berkantor pusat di Culver City, California. Lebih dari 100.000 toko online telah dibuat di platform ini. Kode platform telah di unduh lebih dari 2,5 juta kali dan barang senilai $155 miliar telah terjual melalui sistem berbasis Magento pada tahun 2019.

Varien, Inc. menerbitkan rilis ketersediaan umum pertama dari perangkat lunak ini pada tanggal 31 Maret 2008. Roy Rubin, mantan CEO Varien, Inc. kemudian menjual saham perusahaan ke eBay yang akhirnya sepenuhnya di akuisisi dan kemudian menjual lagi perusahaan tersebut ke Permira, lalu Permira kemudian menjualnya ke Adobe. Sampai saat tulisan ini terbit, Magento masih di miliki oleh Adobe.

Apa Kelebihan Magento?

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Magento yang berhasil Saya rangkum dari hasil penelusuran Saya, kelebihan Magento antara lain:

1. Sangat kaya akan fitur yang menarik, dari segi kelengkapan fitur Magento hampir tidak tertandingi. Hal ini membuat Magento menjadi pilihan yang sangat baik untuk Anda yang akan membuat toko online.

2. Proses instal dapat dilakukan secara offline menggunakan XAMPP atau Apache Stand Alone. Untuk Anda yang mau belajar Magento, Anda bisa instal Magento di PC atau Laptop Anda masing-masing, jadi Anda bebas untuk oprek-oprek coding Magento.

3. Platform ini menawarkan kemudahan kustomisasi berkat adanya fitur ekstensi dan tema.

4. Tersedia patch keamanan reguler. Magento menerbitkan solusi (patch) keamanan mandiri di atas pembaruan intinya, hal ini menunjukkan bahwa platform ini merupakan pilihan terbaik jika yang Anda cari adalah CMS e-commerce dengan keamanan tingkat tinggi.

5. Magento sudah banyak digunakan oleh banyak toko online yang terkenal dan suskes. Hal ini membuat Magento bisa di percaya untuk memenuhi kebutuhan platform bisnis toko online Anda.

6. Forum dan Komunitas Magento sudah cukup banyak. Jadi kalau Anda bingung saat menggunakan Magento, Anda bisa langsung bertanya di forum dan komunitas Magento, disitu para master Magento akan membantu Anda dalam menyelesaikan semua kesulitan Anda terhadap Magento.

7. Mudah diskalakan. Hal ini membuat Magento bisa menjadi pilihan terbaik untuk membuat toko online berskala besar.

Apa Kekurangan Magento?

Dimana ada kelebihan pasti selalu ada kekurangan, berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Magento yang juga berhasil Saya rangkum dari hasil penelusuran Saya, kekurangan Magento antara lain:

1. Resource yang dibutuhkan cukup besar. Jika ingin menggunakan Magento Anda dituntut harus mempersiapkan server dengan resource yang cukup besar. Hal ini merupakan dampak langsung dari fitur dan plugin Magento yang luar biasa lengkap dan juga kompleks.

2. Fitur dan Plugin pada Magento kebanyakan premium atau berbayar. Magento memang memiliki banyak fitur dan plugin yang bisa di kustomisasi. Namun, kenyataannya tidak semua fitur dan plugin tersebut gratis. Hal inilah yang menjadi salah satu sebab kenapa developer Magento banyak dicari.

3. Forum dan Komunitas Magento memang sudah cukup banyak (kelebihan nomor 6). Namun itu semua Forum dan Komunitas di luar negeri, pada kenyataannya sampai saat tulisan ini terbit, Forum dan Komunitas Magento di Indonesia masih sangat sedikit sekali.

Demikian pembahasan tentang Magento, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 4.9/5 dari 34 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.



Hai kak, 1x klik iklan pada blog ini merupakan bentuk donasi Anda untuk kemajuan blog ini. 😉