rachmat

Current Date:27 May, 2020

Cara Instal Framework CodeIgniter

CodeIgniter merupakan aplikasi sumber terbuka yang berupa kerangka kerja PHP dengan model MVC untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP.
5
(1)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin memberikan tutorial bagaiamana cara instal Framework Open Source PHP yang cukup populer yaitu CodeIgniter. Kabar baik, saat ini versi CodeIgniter sudah sampai versi 4 yang sudah mensupport penggunaan PHP 7.2, namun jika Anda masih menggunakan PHP 5.6+ Anda bisa menggunakan CodeIgniter dengan versi 3.

Apa itu CodeIgniter?

CodeIgniter merupakan aplikasi Open Source yang berupa kerangka kerja bahasa pemrograman PHP dengan konsep MVC untuk membangun website yang dinamis. CodeIgniter sangat memudahkan pengembang website untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan lebih mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal.

Pada website resminya di https://codeigniter.com, CodeIgniter ini tersedia dengan 3 versi yaitu versi 2, versi 3 dan yang terbaru versi 4 (saat tulisan ini dibuat). Namun dari keterangan di website resminya, tertulis untuk CodeIgniter versi 2 sudah tidak support lagi sejak 31 Oktober 2015, yang masih disupport hingga saat ini yaitu versi 3 dan 4. Meskipun untuk CodeIgniter versi 4 adalah yang terbaru, saat ini versi 4 masih dalam tahap development oleh komunitas dan belum stable.

Cara Instal CodeIgniter

Untuk informasi, pada tutorial ini Saya menggunakan Windows 10 64bit dan Xampp dengan PHP versi 7.2.23 dan yang akan Saya coba instal pada tutorial ini adalah CodeIgniter versi 3 (stable). Ada 2 cara untuk instal Framework CodeIgniter, mari simak langkah-langkah dibawah ini:

Instal CodeIgniter dengan Download dan Extract

1. Buka halaman download berikut ini https://codeigniter.com/en/download sehingga akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini:

Cara Instal Framework CodeIgniter

2. Selanjutnya klik tombol Download (di tandai dengan kotak warna merah) pada bagian CodeIgniter versi 3. Lalu akan terdownload Framework CodeIgniter dalam bentuk file ZIP.

3. Buka file ZIP dan extract di folder root yaitu htdocs atau public_html, ubah nama folder Framework CodeIgniter hasil extract tadi dengan nama project-codeigniter. Lalu jalankan aplikasi di browser dengan mengakses URL http://localhost/project-codeigniter dan akan menghasilkan output seperti gambar dibawah ini:

Cara Instal Framework CodeIgniter

4. Selesai. Mudah Banget Kan?

Instal CodeIgniter dengan Git

1. Pastikan di komputer Anda sudah terinstal Git.

2. Buka halaman download berikut ini https://codeigniter.com/en/download sehingga akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini:

Cara Instal Framework CodeIgniter

3. Selanjutnya klik tombol Source (di tandai dengan kotak warna merah) pada bagian CodeIgniter versi 3. Lalu Anda akan di arahkan ke halaman GITHUB seperti dibawah ini:

Cara Instal Framework CodeIgniter

4. Copy URL yang sudah Saya tandai dengan kotak warna merah.

5. Klik kanan pada folder htdocs, lalu pilih Git Bash seperti gambar dibawah ini:

Cara Instal Framework CodeIgniter

Lalu akan muncul Git Command Dialog dan masukan Git Syntax seperti berikut ini:

git clone https://github.com/bcit-ci/CodeIgniter.git

Tekan ENTER. Git secara otomatis akan download Framework CodeIgniter dan meletakan Source Code pada folder htdocs dengan nama CodeIgniter.

Cara Instal Framework CodeIgniter

6. Lalu jalankan aplikasi di browser dengan mengakses URL http://localhost/CodeIgniter dan akan menghasilkan output seperti gambar dibawah ini :

Cara Instal Framework CodeIgniter

7. Selesai. Mudah Kan?

CATATAN: Kenapa setelah proses instalasi selesai tampilan output saat Framework dijalankan berbeda? Hal tersebut karena berbeda versi, jika Anda instal melalui download dari website CodeIgniter maka yang didapatkan adalah versi 3.1.11. Namun jika Anda instal dengan menggunakan Git, maka Anda akan mendapatkan source paling update pada versi 3 yaitu di versi 3.2.0. Namun pada kenyataannya versi yang lebih stable adalah versi 3.1.11.

Demikian pembahasan tentang Cara Instal Framework CodeIgniter, silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini bila ingin bertanya atau memberi masukan. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 5/5 dari 1 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.

2 Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *