rachmat

Current Date:27 July, 2021

Jenis Investasi dari Generasi Millenials Sampai Baby Boomers

jenis-investasi-generasi-millenials-sampai-baby-boomers

Ada berbagai jenis investasi di Indonesia sehingga belakangan ini istilah investasi semakin populer dalam berbagai kalangan. Melihat fenomena inflasi atau kenaikan harga barang yang semakin lama semakin meningkat, membuat banyak orang generasi milenials hingga baby boomers menempatkan dananya ke dalam berbagai jenis investasi menyesuaikan kebutuhan mereka.

Apa Saja Jenis Investasi yang Dimaksud?

Berbagai model investasi sudah banyak digunakan oleh generasi-generasi sebelumnya, terutama generasi baby boomers. Investasi yang dilakukan oleh generasi milenials pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan investasi yang dilakukan generasi baby boomers. Perbedaannya, generasi milenials melirik investasi beresiko tinggi, sedangkan generasi baby boomers melirik investasi beresiko rendah.  Berikut ini merupakan beberapa investasi yang populer di kalangan generasi milenials maupun baby boomers :

1. Emas

Investasi emas kerap dipilih oleh generasi milenials karena bisa digunakan sebagai investasi untuk jangka menengah dan jangka panjang yang menjanjikan. Sifat emas juga sangat cair sehingga mudah diuangkan kapan saja ketika dibutuhkan. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan kedua kalangan generasi memilih untuk melakukan investasi emas.

Karena sifatnya yang mudah diuangkan, investasi emas juga bisa dijadikan sebagai dana darurat. Dibandingkan generasi milenials, generasi baby boomers lah yang lebih suka melakukan investasi uang menjadi bentuk emas. Biasanya, investasi emas yang dilakukan generasi baby boomers adalah bentuk perhiasan.

Sepanjang tahun 2020, harga emas mengalami kenaikan yang cukuo tinggi sehingga banyak anak muda dari generasi milenials yang mulai melirik investasi emas ini. Akan tetapi, mereka lebih cenderung menginvestasikan uangnya ke dalam bentuk emas batangan atau logam mulia karena dirasa lebih menguntungkan daripada investasi emas dalam bentuk perhiasan.

2. Properti

Jenis investasi properti merupakan investasi favorit bagi kalangan generasi baby boomers. Investasi properti banyak dipilih karena nilai harta dirasa paling aman dengan investasi ini. Selain itu, keuntungan di masa yang akan datang mudah diperoleh. Nilai properti sulit mengalami penurunan sehingga nilainya cenderung terus meningkat.

Investasi ini memiliki resiko yang rendah sehingga banyak dipilih oleh generasi baby groomers. Harga properti yang cenderung terus naik dari tahun ke tahun menjadikan investasi ini menghasilkan keuntungan yang besar. Properti yang diinvestasikan bisa merujuk pada tanah, rumah, atau bangunan.

3. Asuransi

Asuransi merupakan salah satu bentuk investasi yang dapat memberikan jaminan perlindungan untuk diri sendiri dan keluarga di masa mendatang. Investasi asuransi banyak dipilih oleh generasi baby boomers karena mereka berharap dana yang diasuransikan akan mengalami perkembangan di masa yang akan datang.

Jaminan perlindungan biasanya didapatkan dari asuransi jiwa. Dengan memiliki asuransi, diri sendiri dan keluarga akan mendapatkan bantuan dana ketika membutuhkan suatu saat nanti. Generasi milenial tidak banyak yang menyadari hal-hal terkait jaminan perlindungan tersebut karena investasi ini membutuhkan banyak dana.

Keluarga yang tidak memiliki asuransi biasanya akan mengeluarkan dana berlebih ketika di masa mendatang mengalami kecelakaan atau harus menjalani operasi yang membutuhkan banyak uang. Sehingga investasi ini sangat penting untuk keluarga di masa mendatang.

Oleh karena itu, investasi merupakan sebuah instrumen yang digunakan untuk penyaluran dana dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Berbagai model investasi bisa dipilih oleh generasi milenials maupun baby groomers dengan menyesuaikan kebutuhannya. Selain itu, jumlah dana juga menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih investasi tertentu.



Ingin pasang artikel seperti di atas?
Kunjungi layanan Jasa Content Placement rachmat.ID

*** jika mengandung hal yang tidak pantas laporkan artikel ini melalui menu kontak ***