rachmat

Current Date: 1 June, 2020

Cara Membuat Koneksi PHP 7 ke SQL Server

PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.
4.9
(51)

Hallo sobat, melanjutkan tulisan Saya tentang Konfigurasi untuk Membuat Koneksi PHP ke SQL Server dengan Driver MSSQL kali ini Saya akan membuat sebuah tutorial untuk membuat koneksi PHP 7 ke SQL Server. Yang perlu kita ketahui untuk membuat koneksi database ini kita sudah tidak menggunakan driver MSSQL lagi, karena untuk PHP 7 sudah tidak mendukung driver MSSQL tersebut, driver yang harus kita gunakan ialah SQLSRV.

Baca Juga: Membuat RESTful API Sederhana dengan PHP

Oke, langsung saja ya.

Sesuai judul Saya akan memberikan informasi bagaimana cara konfigurasi web server Anda. Pada tutorial ini Saya menggunakan Xampp 7.2.23 yang sudah menggunakan PHP versi 7.2.23. Untuk melakukan konfigurasi Anda harus menyiapkan 2 file extension .dll yaitu php_pdo_sqlsrv_72_ts.dll dan php_sqlsrv_72_ts.dll. Anda bisa download semuanya pada link di bawah ini:

  1. XAMPP 7.2.23
  2. File extension .DLL (bentuk .zip)

Environment yang Saya gunakan pada tutorial ini adalah x64/64bit, jadi saat Anda mencoba tutorial ini pastikan gunakan extension yang sesuai dengan environment yang Anda gunakan.

Setelah Anda download dan buka file extension di atas, Anda akan menemukan directory seperti berikut:

Windows-7.2 -> x64 (Untuk environment 64bit)
Windows-7.2 -> x86 (Untuk environment 32bit)

Di dalam folder x64 dan x86 terdapat file extension yang kita akan gunakan, namun ada 2 versi extension yaitu TS dan NTS. Apaan tuh ???

Thread Safe (TS) artinya driver dengan program yang bisa mengeksekusi shared data secara bersama-sama dengan thread lain tanpa membuat program crash atau tidak stabil.

Non Thread Safe (NTS) artinya driver ini dipakai untuk server yang tidak mendukung thread safe.

Jadi kita harus gunakan yang mana? kita akan gunakan extension dengan versi Thread Safe (TS) agar lebih aman. Jika sudah di download semua, simpan di tempat yang mudah Anda jangkau. Selanjutnya kita masuk ke step konfigurasi, yaitu:

STEP 1

Buka file php.ini pada folder xampp\php, kemudian tambahkan 2 baris script berikut ini:

extension=php_sqlsrv_72_ts
extension=php_pdo_sqlsrv_72_ts


Lalu SAVE.

STEP 2

Extract php_pdo_sqlsrv_72_ts.dll dan php_sqlsrv_72_ts.dll dari file extension .zip yang sudah Anda download, lalu pindahkan ke folder xampp\php\ext

STEP 3

Restart Apache

STEP 4

Buka phpinfo() pastikan module extension aktif dengan tampil di phpinfo() seperti gambar dibawah ini:

Cara Membuat Koneksi PHP 7 ke SQL Server
Cara Membuat Koneksi PHP 7 ke SQL Server

Selesai.

Pastikan jangan sampai ada step yang terlewat. Selanjutnya kita test dengan script koneksi sederhana sebagai berikut :

<?php
$Server	  = "localhost";
$Database = array("Database"=>"DATABASE_NAME");
$conn	  = sqlsrv_connect($Server, $Database);
if ($conn) {
    echo "Koneksi Berhasil !";
} else {
    echo "Koneksi gagal !";
    die(print_r(sqlsrv_errors(),true));
}
?>

Jika Anda sudah mengikuti step di atas dengan benar, namun koneksi masih selalu gagal, bisa dipastikan pada PC/Laptop Anda belum terinstal Microsoft ODBC Driver 11 for SQL Server.

ODBC merupakan suatu standar protokol yang menjadi penghubung (connector) antar mesin database. ODBC driver hanya terdapat dalam sistem operasi Windows, sebab ODBC masih merupakan bagian dari Windows Open System Architecture (WOSA). Yang perlu Anda ketahui bahwa dalam ODBC dilengkapi banyak API (Application Programming Interface), dimana API digunakan untuk menjalankan dan memberikan koneksi suatu aplikasi melalui sistem manajemen database yang Anda gunakan.

Dengan adanya ODBC dapat membantu perancang aplikasi untuk dapat mengakses, melihat dan mengolah beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Driver ODBC mendukung beberapa jenis database, seperti Ms SQL Server, Ms FoxPro, Ms Access dan Ms Oracle dan sebagainya. Microsoft ODBC Driver 11 for SQL Server dapat di download pada link berikut ini https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=36434

Setelah selesai download, instal dengan cara double klik file msodbcsql.msi (file hasil download), pada proses instal Anda cukup tekan tombol NEXT sampai selesai. Jika instal sudah selesai, silahkan Anda jalankan lagi script koneksi sederhana yang sebelumnya Anda buat.

Seharusnya web server Anda sudah bisa work 100% terkoneksi dengan SQL Server. Sekali lagi Saya katakan pastikan jangan sampai ada step yang terlewat.

Demikian pembahasan tentang Cara Membuat Koneksi PHP 7 ke SQL Server, silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini bila ingin bertanya atau memberi masukan. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 4.9/5 dari 51 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.

10 Komentar

  1. Fahrianrd Reply

    kayanya belum di kasih tau kalau file php_sqlsrv_72_ts dan php_pdo_sqlsrv_72_ts harus di ekstrak di xampp\php\ext
    atau saya yang ga baca ya????

    1. rachmat

      Iya gan, step tersebut terlewat. Namun untuk step tersebut sudah saya tambahkan pada tutorial di atas. Terima kasih atas koreksinya.

    1. rachmat

      Hai bayu, pastikan kamu download dan install odbc sesuai dengan versi sistem operasi yang kamu gunakan. Untuk sistem operasi 64bit download odbc versi x64, untuk sistem operasi 32bit download odbc versi x86.

    1. rachmat

      Baik bayu. Apakah extension / file dll berhasil terinstal dan aktif? untuk mengeceknya silahkan buka PHP info kamu seperti STEP 3 pada tutorial ini. Pastikan setelah proses instalasi selesai, Service Apache kamu harus di restart (wajib).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *