rachmat

Current Date:11 December, 2019

Konfigurasi untuk Membuat Koneksi PHP ke SQL Server dengan Driver MSSQL

PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.
5
(166)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin membahas tentang bagaimana cara membuat koneksi PHP ke database SQL Server dengan driver MSSQL. Yang perlu Anda ketahui, di PHP terdapat 2 driver yang bisa digunakan untuk membuat koneksi PHP ke SQL Server yaitu MSSQL dan SQLSRV. Dari hasil penelusuran Saya di beberapa sumber forum banyak yang menerangkan bahwa driver MSSQL hanya di support maksimum sampai PHP 5.4, untuk versi di atasnya sudah menggunakan driver SQLSRV.

Namun bukannya Saya tidak up to date, pasti banyak yang mempertanyakan. Kenapa masih bahas hal ini? Padalah sudah sangat ketinggalan? PHP saja sekarang sudah sampai versi 7. Why ???

Tujuan Saya membahas hal ini adalah untuk memberikan informasi kepada Anda yang belum tau dan bingung, mungkin ada yang sedang ngoding PHP menggunakan database SQL Server, kenapa aplikasinya tidak bisa terkoneksi dengan baik, siapa tau masalah versi inilah penyebabnya. Dan pastinya juga masih banyak programmer yang masih menggunakan PHP versi 5.4 ke bawah, apalagi jika sudah memiliki aplikasi atau system yang besar, pasti sangat segan untuk melakukan upgrade PHP, karena sudah di pastikan banyak code yang harus di adjust atau kalibrasi sesuai dengan versi terbaru.

Baca Juga: Membuat RESTful API Sederhana dengan PHP

Sesuai judul Saya akan memberikan informasi bagaimana cara konfigurasi web server Anda. Pada tutorial ini Saya menggunakan Xampp 1.7.7 yang masih menggunakan PHP versi 5.3.8. Untuk melakukan konfigurasi Anda harus menyiapkan 3 file extension .dll yaitu ntwdblib.dll, php_mssql.dll dan php_pdo_mssql.dll. Anda bisa download semuanya pada link di bawah ini:

  1. XAMPP 1.7.7
  2. ntwdblib.dll
  3. php_mssql.dll
  4. php_pdo_mssql.dll

Jika sudah di download semua, simpan di tempat yang mudah Anda jangkau. Selanjutnya Anda masuk ke step konfigurasi, yaitu:

STEP 1

Buka file php.ini pada folder xampp\php, kemudian cari extension berikut ini dan edit hilangkan tanda titik koma (;) seperti berikut ini:

;extension=php_mssql.dll
;extension=php_pdo_mssql.dll

Dirubah menjadi:

extension=php_mssql.dll
extension=php_pdo_mssql.dll

Lalu SAVE.

STEP 2

Copy file ntwdblib.dll ke folder xampp\apache\bin dan C:\Windows\System32

STEP 3

Copy file php_mssql.dll dan php_pdo_mssql.dll ke folder xampp\php\ext

STEP 4

Restart Apache, selesai.

Mudah Kan? pastikan jangan sampai ada step yang terlewat. Selanjutnya kita test dengan script koneksi sederhana sebagai berikut :

<?php
$server   = 'localhost';
$username = 'admin';
$password = 'admin';
$con = mssql_connect($server, $username, $password);
if ($con) {
    echo 'Koneksi Berhasil !';
} else {
    echo 'Koneksi gagal !';
}
?>

Baca Juga: Cara Membuat Koneksi PHP 7 ke SQL Server

Demikian pembahasan tentang Konfigurasi untuk Membuat Koneksi PHP ke SQL Server dengan Driver MSSQL, silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini bila ingin bertanya atau memberi masukan. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah tulisan ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 5/5 dari 166 suara

5 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *