rachmat

Current Date:12 July, 2020

Cara Membuat Laporan PDF dengan PHP dan MPDF

PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.
4.5
(8)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat sebuah laporan dalam bentuk PDF dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan library yang menurut Saya cukup powerfull yaitu MPDF. Tutorial ini pastinya sangat berguna untuk Anda yang sedang dalam proses development sebuah aplikasi dengan bahasa pemrograman PHP.

Namun pada tutorial ini Saya tidak membahas bagaimana cara membuat laporan secara seutuhnya ya, karena untuk kebutuhan laporan setiap aplikasi yang dibuat pasti berbeda-beda, jadi fokus tulisan ini adalah bagaimana cara membentuk file PDF-nya saja. Selanjutnya Anda bisa kembangkan sendiri, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Yuk, mari baca dan simak tulisan ini sampai habis. Di jamin akan memberikan manfaat yang besar untuk menambah pengetahuan Anda. Oke, langsung saja ya.

Apa itu MPDF?

MPDF adalah sebuah library yang berguna untuk membuat report atau laporan dengan format PDF. License pada library MPDF ini Open Source, jadi bisa Anda gunakan secara GRATIS. Mantap Kan?

Cara Kerja MPDF

Cara Kerja dari library MPDF ini yaitu dengan mengkonversi sebuah halaman HTML yang sudah Anda buat ke dalam bentuk format PDF. Library ini sangatlah mudah digunakan, untuk bisa menggunakan library ini Anda harus mengerti dan menguasai script HTML.

Dari sepengalaman Saya membangun sebuah aplikasi, library MPDF ini sangatlah powerfull, sebab library ini sudah mendukung dan bisa membaca script Cascading Style Sheets (CSS). Jadi jika Anda ingin membuat laporan dengan design yang unik, Anda bisa menggunakan CSS untuk mengatur design-nya.

Cara Instal MPDF

Pada tutorial ini Saya menggunakan MPDF dengan versi 8.0.3, saat tulisan ini dibuat versi ini adalah versi yang paling terbaru. Untuk mengintal MPDF terbaru Anda bisa menggunakan Composer dengan memasukan command line seperti dibawah ini:

$ composer require mpdf/mpdf

Dan jangan lupa, untuk instal dengan Composer seperti diatas Anda harus instal Composernya terlebih dahulu ya.

Namun jika Anda ingin menggunakan versi 8.0.3 sesuai dengan contoh pada tulisan ini (direkomendasikan), Anda tidak perlu menginstal menggunakan Composer. Anda cukup clone menggunakan GIT atau download library MPDF ini pada link GITHUB yang sudah Saya sediakan diberikut ini: https://github.com/rachmat-id/mpdf_v8.0.3

Cara Membuat Laporan PDF dengan PHP dan MPDF

Cara Menggunakan MPDF

Untuk informasi, pada tutorial ini Saya menggunakan Windows 10 64bit dan Xampp dengan PHP versi 7.2.23. di tutorial ini Saya akan memberikan 2 cara yang paling sering digunakan dalam membuat laporan dengan MPDF, yaitu menampilkan PDF di browser dan generate file PDF tanpa harus tampil di browser (auto save file). Yuk, simak langkah-langkah dibawah ini dengan cermat.

1. Buatlah sebuah folder aplikasi pada htdocs. Pada tutorial ini folder aplikasi Saya berikan nama laporan-php-mpdf.

2. Copy library MPDF yang sudah Anda download dari halaman GITHUB yang sudah Saya sediakan diatas. Atau jika Anda instal menggunakan Composer, Anda bisa arah destinasi intalasi library tersebut ke folder aplikasi. Namun Saya lebih menyarankan ambil library MPDF dari GITHUB yang Saya sediakan, agar selaras dengan tutorial yang Saya buat ini.

Dari hasil 2 langkah diatas akan menghasilkan hirarki folder seperti dibawah ini:

Cara Membuat Laporan PDF dengan PHP dan MPDF

3. Buatlah script PHP seperti dibawah ini:

<?php
	$content = "
	<html> 
	<body>
		<h1>MPDF WORK !</h1> 
		Selamat datang di rachmat.ID
	</body>
	</html>
	";

	require_once "./mpdf_v8.0.3-master/vendor/autoload.php";
	$mpdf = new \Mpdf\Mpdf();
	$mpdf->AddPage("P","","","","","15","15","15","15","","","","","","","","","","","","A4");
	$mpdf->WriteHTML($content);
	$mpdf->Output();
?>

Save dengan nama index.php dan letakan di dalam folder aplikasi, yaitu folder laporan-php-mpdf. Yang perlu Anda perhatikan pada script PHP diatas yaitu keyword AddPage, keyword ini berfungsi untuk mengatur margin, ukuran kertas, orientation dll.

Pada keyword AddPage terdapat beberapa settingan yang Saya terapkan, diantaranya yaitu Orientation Saya isi dengan P yang berarti Potrait, lalu Margin atas kanan bawah kiri Saya isi dengan angka 15 milimeter, selanjutnya untuk ukuran kertas Saya setting dengan kerta A4.

Sebenarnya cukup banyak parameter yang bisa diisi, kalau Anda lihat pada script PHP yang Saya berikan banyak yang tidak Saya isi, karena kembali lagi semua disesuaikan dengan kebutuhan. Namun jika Anda penasaran, parameter-parameter tersebut bisa digunakan untuk apa saja, Anda bisa lihat di dokumentasi MPDF berikut ini: https://mpdf.github.io/reference/mpdf-functions/addpage.html

4. Langkah selanjutnya, jalankan aplikasi di browser Anda dengan cara mengakses alamat http://localhost/laporan-php-mpdf dan akan menghasilkan output seperti gambar dibawah ini:

Cara Membuat Laporan PDF dengan PHP dan MPDF

Sampai disini, ini adalah cara menggunakan library MPDF dengan cara menampilkan PDF di browser. Lalu, bagaimana jika ingin menggunakan cara generate file PDF tanpa harus tampil di browser (auto save file)?

Anda cukup mengganti script berikut ini:

$mpdf->Output();

Menjadi:

$mpdf->Output("contoh_laporan.pdf");

Ketika aplikasi dijalankan, aplikasi tidak akan menampilkan PDF di browser seperti sebelumnya (Blank). Namun secara otomatis akan membentuk file PDF dengan nama contoh_laporan.pdf (isi pdf sama) pada folder aplikasi seperti berikut ini:

Cara Membuat Laporan PDF dengan PHP dan MPDF

5. Selesai. Sangat mudah kan?

Kenapa Menggunakan MPDF?

Kalau dari Saya pribadi, Ada 3 alasan kenapa harus menggunakan MPDF. Di antaranya yaitu:

  1. License library ini Open Source atau GRATIS.
  2. Mendukung penggunaan Script CSS, jadi Anda bisa membuat laporan dengan design yang unik.
  3. Library MPDF ini memiliki dokumentasi yang sangat lengkap. Pada dokumentasinya tersedia tutorial dari bagaimana cara penginstalan sampai dengan cara penggunaannya, semua sangat lengkap dan tersedia di website resminya di https://mpdf.github.io.

Demikian pembahasan tentang Cara Membuat Laporan PDF dengan PHP dan MPDF, silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini bila ingin bertanya atau memberi masukan. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 4.5/5 dari 8 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.

3 Komentar

  1. tri Reply

    kalau pakai localserver xamp bekerja dengan baik
    tapi kalau pakai shared hosting tidak bekerja
    kenapa ya

    1. rachmat

      Hai tri terima kasih sudah mampir. Pastikan path lokasi library-nya sudah sesuai. Apakah ada pesan error-nya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Hai kak, 1x klik iklan pada blog ini merupakan bentuk donasi Anda untuk kemajuan blog ini.

😉