rachmat

Current Date: 4 December, 2020

Cara Membuat Link Pesan Otomatis WhatsApp pada Website

4.9
(125)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini saya ingin membahas tentang bagaimana cara membuat link pesan otomatis WhatsApp pada sebuah website. Hal ini sangatlah dibutuhkan website yang memiliki tujuan utama untuk menjual suatu produk ataupun jasa, teknik ini digunakan untuk mempermudah komunikasi antara pengunjung dan pemilik website. Kenapa menggunakan WhatsApp? Dari hasil berbagai survey, aplikasi WhatsApp merupakan media kirim pesan yang paling banyak digunakan saat ini. Hampir semua orang mempunyai aplikasi WhatsApp pada perangkat Smartphone-nya.

Untuk membuat link pesan otomatis WhatsApp pada website sangatlah mudah, lihat struktur URL di bawah ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=nomor_whatsapp

URL di atas merupakan link API resmi dari penyedia layanan aplikasi WhatsApp Messenger. Bisa Anda perhatikan, pada URL di atas memiliki satu parameter yaitu phone. Isian dari parameter tersebut ialah nomor WhatsApp Anda. Anda cukup mengganti “nomor_whatsapp” dengan nomor WhatsApp Anda. Yang perlu diperhatikan yaitu jika nomor WhatsApp Anda adalah 0812-1234-5678, maka Anda harus memasukan nomor tersebut dengan format 6281212345678. Lihat URL di bawah ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281212345678

Jika URL di atas dijalankan maka akan menghasilkan tampilan seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat Link Pesan Otomatis WhatsApp pada Website

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sebuah pesan pembuka pada link tersebut dengan cara menambahkan parameter text. Misalnya saya ingin ketika link tersebut di klik secara default terbentuk sebuah pesan dengan tulisan “Selamat Datang!“, maka Anda dapat membuat link WhatsApp seperti di bawah ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281212345678&text=Selamat Datang!

Tanda “&” merupakan tanda pemisah antara parameter. Jika URL di atas dijalankan maka akan menghasilkan tampilan seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat Link Pesan Otomatis WhatsApp pada Website

Selanjutnya Anda bisa memasang link WhatsApp yang sudah dibuat pada website Anda. Selesai, sangat mudah kan?

Demikian pembahasan tentang Cara Membuat Link Pesan Otomatis WhatsApp pada Website, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 4.9/5 dari 125 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.



Hai kak, 1x klik iklan pada blog ini merupakan bentuk donasi Anda untuk penulis blog ini. 😉