rachmat

Current Date:19 October, 2020

Cara Membuat URL Alias pada Framework CodeIgniter

CodeIgniter merupakan aplikasi sumber terbuka yang berupa kerangka kerja PHP dengan model MVC untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP.
2.9
(8)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara membuat URL alias pada Framework CodeIgniter. Teknik URL alias ini sangat penting untuk Anda ketahui, karena dengan teknik ini Anda dapat menyembunyikan URL asli sebuah Website atau Aplikasi yang dibangun menggunakan Framework CodeIgniter.

Tanpa panjang lebar lagi, Yuk mari baca dan simak tulisan ini sampai habis. Di jamin akan memberikan manfaat yang besar untuk menambah pengetahuan Anda. Oke, langsung saja ya.

Sebagai contoh, pada tutorial ini Saya akan membuat sebuah aplikasi dengan dengan URL sebagai berikut:

http://localhost/project-codeigniter/matematika

Dan akan menghasilkan output seperti gambar dibawah ini:

Cara Membuat URL Alias pada Framework CodeIgniter

Dari URL diatas nama matematika adalah nama dari sebuah Controller. Di tutorial ini Saya ingin mengubah URL tersebut menjadi seperti berikut ini :

http://localhost/project-codeigniter/belajar/mtk-bangun-datar

Bagaimana Caranya? Ikuti langkah-langkah dibawah dibawah ini.

1. Masuk ke folder aplikasi (aplikasi Saya bernama project-codeigniter) yaitu project-codeigniter/application/config dan cari file routes.php

2. Buka file routes.php dan tambahkan script seperti berikut ini:

$route['belajar/mtk-bangun-datar'] = 'matematika';

Lalu SAVE.

Maksud dari script diatas adalah URL Controller yang bernama matematika diwakilkan oleh URL belajar/mtk-bangun-datar. Cara kerja URL alias ini tidak menggantikan URL yang sebenarnya. URL yang sebenarnya tetap bisa di akses, jadi teknik ini hanya menambahkan opsi URL untuk mengakses suatu Controller tertentu.

3. Selanjutnya jalankan aplikasi dengan URL alias yang telah dibuat dan akan menghasilkan output seperti gambar dibawah ini:

Cara Membuat URL Alias pada Framework CodeIgniter

Untuk memaksimalkan penggunaan teknik URL alias ini, ada baiknya sebelum website atau aplikasi di publish ke publik atau user semua URL asli diganti dengan URL alias, sehingga nama Controller Anda tidak diketahui orang lain.

Demikian pembahasan tentang Cara Membuat URL Alias pada Framework CodeIgniter, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 2.9/5 dari 8 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.



Hai kak, 1x klik iklan pada blog ini merupakan bentuk donasi Anda untuk kemajuan blog ini. 😉