rachmat

Current Date:27 February, 2020

Cara Mengatasi Virus Hidden File pada Flashdisk

Troubleshooting merupakan pencarian sumber masalah secara sistematis sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan, dan proses penghilangan peyebab potensial dari sebuah masalah. Troubleshooting umumnya digunakan dalam berbagai bidang, seperti pada bidang komputer, administrasi sistem, dan juga bidang elektronika dan kelistrikan. Dalam dunia komputer, segala sesuatu yang berhubungan dengan komputer di sebut Troubleshooting.
5
(6)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin berbagi tutorial dan trik tentang bagaimana cara mengatasi Virus Hidden File yang sering menginfeksi flashdisk. Untuk Anda yang sering colok flashdisk di sembarang PC atau laptop, hal ini sangat penting untuk Anda ketahui sebab virus ini sangat menjengkelkan, terlebih lagi apabila Anda tipe orang yang suka menyimpan file-file penting di dalam flashdisk, pasti Anda akan panik ketika file-file tersebut hilang. Virus ini paling sering menjangkit sistem operasi Windows.

Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan data yang disembunyikan oleh virus, salah satu contohnya menggunakan AntiVirus. Namun pada tutorial ini Saya tidak menggunakan AntiVirus, untuk mengatasi virus tersebut Anda cukup menggunakan Command Prompt atau CMD bawaan Windows.

Yuk, mari baca dan simak tulisan ini sampai habis. Di jamin akan memberikan manfaat yang besar untuk menambah pengetahuan Anda. Oke, langsung saja ya.

Mengatasi Virus Hidden File dengan CMD

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengatasi Virus Hidden File dengan Command Prompt (CMD):

Langkah 1

Masukan atau colok flashdisk ke PC atau Laptop Anda.

Langkah 2

Buka Command Prompt (CMD), dengan cara tekan button Windows+R pada keyboard. Kemudian akan muncul kotak dialog RUN, lalu ketik “cmd” seperti dibawah ini:

Klik OK, lalu akan muncul dialog Command Prompt (CMD) seperti dibawah ini:

Langkah 3

Masuk ke direktori atau drive flashdisk Anda dengan cara ketik command berikut ini:

F:

Lalu enter. Pada contoh kasus ini, drive flashdisk Saya berada di F, jadi sesuaikan dengan drive flashdisk Anda. Anda bisa cek di My Computer atau bisa tekan button Windows+E pada keyboard.

Langkah 4

Ketik command berikut ini:

attrib -s -h *.* /s /d

Lalu enter.

Penjelasan:
attrib = Perintah untuk memberikan attribut pada suatu File atau Folder.
-s = Perintah untuk menghilangkan attribut System.
-h = Perintah untuk menghilangkan attribut Hidden.
*.* = Perintah untuk mendeklarasikan semua File dan Folder yang memiliki ekstensi.
/s = Perintah untuk memproses semua File
/d = Perintah untuk memproses semua Folder

Langkah 5

Selesai. Cek flashdisk Anda, sudah bisa dipastikan data atau file-file Anda kembali muncul. Jika file-file Anda belum muncul juga, coba tutup Command Prompt (CMD) dan cabut flashdisk Anda. Lalu masukan kembali flashdisk Anda dan ulang kembali langkah-langkah di atas dengan benar.

Mudah kan? pastikan jangan sampai ada langkah yang terlewat.

Demikian pembahasan tentang bagaimana Cara Mengatasi Virus Hidden File pada Flashdisk, silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini bila ingin bertanya atau memberi masukan. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 5/5 dari 6 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *