rachmat

Current Date:27 May, 2020

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization, biasa disingkat "SEO" adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
5
(26)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin membahas tentang SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, Apa itu SEO? pertanyaan itu pasti sangat sering muncul jika Anda baru mulai membuat website atau blog. Yuk mari simak penjelasannya sampai habis.

Apa itu SEO?

Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian sebuah search engine atau mesin pencarian, dengan mendapatkan ranking tinggi dari hasil pencarian potensi trafik organik website Anda pun akan meningkat. Selain menghasilkan trafik organik yang tinggi, SEO juga akan membantu Anda mendapatkan trafik yang tepat, jadi Anda tidak hanya fokus pada trafik tinggi saja tetapi juga trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama website Anda. SEO ini merupakan salah satu teknik promosi secara digital yang sangat berguna untuk meningkatkan penjualan produk ataupun jasa yang Anda punya.

Saat ini sudah banyak mesin pencarian yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan trafik ke website Anda, contohnya yaitu Google, Bing, Yahoo!, Yandex dan lain-lain, namun di antara itu semua search engine yang paling populer adalah Google, dari hasil penelusuran Saya jika SEO website kita sudah baik pada mesin pencarian Google maka mesin pencarian lain pun akan mengikuti. Kenapa? karena Google menguasai lebih dari 90% pangsa pasar mesin pencarian di seluruh dunia, jadi ketika membicarakan cara kerja SEO, algoritma Google menjadi patokannya.

Baca Juga: Kenapa SEO Sangat Penting untuk Website?

10 Kriteria Utama SEO

Kriteria utama SEO selalu berubah secara berkala, perubahan kriteria ini bergantung pada algoritma Google. Jika Google memperbarui algoritmanya, maka kriteria SEO pun akan berubah. Terdapat 10 kriteria utama pada SEO yang sudah Saya rangkum untuk Anda, di antaranya yaitu:

1. Penggunaan SSL/TLS

Sejak 2014, Google mulai mengutamakan website-website yang menggunakan SSL/TLS. Sebab website dengan SSL/TLS mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website tersebut, sehingga keamanan data pengguna lebih aman. Cara mengetahui apakah website Anda sudah memakai SSL/TLS atau belum adalah melihat alamat website di browser. Jika masih diawali dengan HTTP, artinya website Anda belum menggunakan SSL/TLS. Website yang sudah mengaktifkan SSL/TLS, alamat websitenya diawali dengan HTTPS. Jadi, segera pastikan penggunaan SSL/TLS pada website Anda.

2. Struktur URL

Struktur URL yang sederhana memudahkan mesin pencari untuk mengenali website Anda dan topik utama yang Anda bahas. Sebaiknya buat struktur URL yang sederhana, cukup mengandung nama domain dan judul artikel. Menurut Saya, berikut ini adalah contoh struktur URL yang ideal: https://www.domain.com/judulkonten

3. Topik Konten

Anda harus memiliki beberapa topik utama yang saling berhubungan untuk membangun struktur website yang baik. Setelah menentukan beberapa topik utama, Anda perlu membuat konten yang menarik mengenai topik-topik tersebut.

4. Search Intent

Satu kata kunci bisa dimaksudkan untuk dua hal yang berbeda atau lebih. Search intent atau maksud pencarian adalah apa yang di inginkan oleh kebanyakan pencari terhadap satu kata kunci tertentu.

5. Struktur Konten

Selain menyesuaikan konten dengan search intent, Anda juga harus membuat konten yang mudah dipahami. Mudahkan pembaca dalam menemukan jawabannya di konten Anda.

6. Meta Tags

Meta tags terdiri dari title tag dan meta description. Fungsinya adalah membantu Google untuk memahami keseluruhan konten di sebuah halaman website Anda. Pertama, title tag adalah judul artikel Anda yang muncul di hasil pencarian. Judul artikel tidak bisa terlalu panjang karena Google akan memotongnya sesuai standar yang berlaku. Kedua, meta description adalah teks yang merangkum konten Anda di hasil pencarian, teks ini terletak tepat di bawah judul dan URL artikel. Meta description biasanya terdiri dari 120 sampai 130 karakter.

7. Backlink

Backlink masih menjadi salah satu faktor dan kriteria utama SEO. Semakin banyak backlink ke website Anda, Google akan menganggap website Anda memiliki kredibilitas tinggi. Namun, backlink tersebut juga harus berasal dari website atau blog dengan kualitas baik, bukan blog atau website dengan kualitas rendah.

8. Kecepatan Website

Kecepatan loading website memegang peranan penting dalam SEO Anda. Sejak 2018, Google menetapkan kecepatan loading website (di desktop dan perangkat mobile) sebagai salah satu kriteria utama SEO. Semakin cepat loading website, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan ranking lebih tinggi di hasil pencarian Google.

9. Tampilan Website

Themes atau design pada website Anda harus sudah mendukung tampilan responsive, maksud dari tampilan responsive adalah sebuah metode atau pendekatan sistem web desain yang bertujuan memberikan pengalaman pengguna yang optimal dalam berbagai perangkat, baik mobile maupun komputer.

10. Sitemap

Apa Anda tau? sitemap dapat di analogikan sebagai denyut nadi dari sebuah keberadaan website pada sebuah mesin pencarian. Jika website Anda tidak mempunyai sitemap, sudah bisa dipastikan website Anda akan sangat sulit di index oleh mesin pencarian, karena sitemap sangat membawa pengaruh besar terhadap visibilitas website di mesin pencarian.

Jenis-Jenis SEO

Terdapat dua jenis SEO, yaitu SEO on page dan SEO off page. Keduanya sama-sama penting dan saling berkaitan. Jadi Anda harus menerapkan keduanya agar SEO pada website Anda menjadi optimal.

1. SEO On Page

SEO on page adalah langkah-langkah optimasi SEO yang dilakukan di dalam website Anda. Beberapa langkah optimasi SEO on page meliputi permalink, judul konten, struktur konten, penggunaan heading, kecepatan website, tema responsif, hingga internal linking. 

2. SEO Off Page

Berbeda dari SEO on page, SEO off page adalah sejumlah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website Anda. Jadi mengoptimasi konten dan website Anda saja belum cukup. Ada banyak faktor di luar website yang bisa berpengaruh terhadap kualitas SEO Anda, salah satu faktor di luar website yang cukup mempengaruhi kualitas SEO adalah backlink atau inbound link. Backlink menjadi kriteria bahwa konten Anda menjadi rujukan website lain, semakin banyak website berkualitas yang merujuk ke konten Anda, Google akan menilai website Anda sebagai website yang kredibel dan meningkatkan peluang untuk naik peringkat.

Demikian pembahasan tentang Pengertian SEO (Search Engine Optimization), silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini bila ingin bertanya atau memberi masukan. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 5/5 dari 26 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *