rachmat

Current Date:27 September, 2020

Mengenal PopojiCMS – CMS Gratis Buatan Anak Indonesia

PopojiCMS adalah Content Management System asli buatan Indonesia yang dibuat dengan konsep yang sangat menarik dan mudah untuk digunakan.
4
(4)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin memperkenalkan sebuah CMS buatan asli Indonesia. Sebelumnya pasti Anda sudah tau kan apa itu CMS? secara singkat CMS adalah singkatan dari Content Management System, dalam bahasa Indonesia berarti Konten Manajemen Sistem, CMS ini berfungsi untuk mengatur isi konten sebuah website. Di internet CMS sudah sangat menjamur, salah satu CMS terpopuler di dunia dan paling sering digunakan adalah WordPress.

Saat ini Saya ingin membahas tetang PopojiCMS, CMS yang dibuat oleh Dwira Survivor. CMS ini asli buatan anak Indonesia. Dari sekian banyak CMS yang sudah Saya coba, PopojiCMS cukup mumpuni dalam membantu dalam pembuatan sebuah website. Memang PopojiCMS ini masih terbilang CMS baru, namun untuk masalah fitur tidak bisa diremehkan.

Yuk, mari baca dan simak tulisan ini sampai habis. Di jamin akan memberikan manfaat yang besar untuk menambah pengetahuan Anda. Oke, langsung saja ya.

Berikut ini 10 point yang berhasil Saya rangkum untuk menjadi alasan, kenapa PopojiCMS ini bisa menjadi pilihan Anda, di antaranya yaitu:

  1. Open Source, lisensi PopojiCMS adalah Open Source atau bisa dibilang Gratis, jadi untuk Anda yang ingin coba menggunakan bisa langsung download CMS ini di website resminya.
  2. CMS Mudah Digunakan, PopojiCMS sangat mudah digunakan karena memiliki fitur dan menu-menu yang friendly.
  3. Script Mudah di Modifikasi, pihak PopojiCMS menggunakan konsep Native PHP dan OOP, jadi untuk Anda yang suka oprek-oprek coding pasti bisa dengan cepat memahami struktur kode PopojiCMS ini.
  4. Akses Menu yang Cepat, setelah mencoba CMS ini berhari-hari, menurut Saya akses menu PopojiCMS ini cukup cepat.
  5. Bisa Membuat Komponen Baru, jika anda ingin membuat komponen baru seperti komponen komentar, kontak dll. Anda tidak perlu mengerti MySQL Database dan Pemrograman PHP, karena untuk membuat komponen di PopojiCMS sangatlah mudah, seperti menjentikkan jari dengan menggunakan tools CompoGen.
  6. Bisa Dikreasikan Sendiri, sesuai dengan slogan PopojiCMS yaitu “buat sendiri rasa webmu” Anda bisa membuat tema sendiri, sesuai dengan keinginan Anda. Jika anda ingin membuat tema silahkan masuk ke dokumentasi PopojiCMS.
  7. Website Multifungsi, ini salah satu hal yang saya sukai dari PopojiCMS karena bisa digunakan untuk membuat website berjenis perusahaan, berita, sekolah dll. Kecuali jejaring sosial.
  8. Bisa Menjadi Peluang Bisnis, jika Anda sudah mengerti struktur dari PopojiCMS, Anda dapat membuka usaha seperti jasa pembuatan tema, untuk harga bisa mencapai ratusan atau sampai jutaan rupiah karena jika dilihat dari ketersedian di website resminya, tema untuk PopojiCMS ini masih sangat terbatas.
  9. Dukungan Komunitas, walaupun PopojiCMS ini terbilang baru, namun pada kenyataannya komunitas pengguna CMS ini sudah cukup luas dan CMS ini sudah cukup terkenal di Indonesia.
  10. Up to Date, PopojiCMS sampai saat ini masih terus di dukung dan di kembangkan oleh developer-nya yaitu Dwira Survivor, jadi untuk Anda yang ingin membantu mereka untuk mengembangkan CMS ini, bisa melakukan Donasi melalui website resminya.

Sudah cukup jelas kan? untuk Anda yang ingin mencoba CMS ini, bisa langsung download di situs resminya yaitu: http://www.popojicms.org (100% GRATIS)

Demikian pembahasan tentang PopojiCMS, silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini bila ingin bertanya atau memberi masukan. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 4/5 dari 4 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Hai kak, 1x klik iklan pada blog ini merupakan bentuk donasi Anda untuk kemajuan blog ini. 😉