rachmat

Current Date:27 October, 2020

Membuat RESTful API Sederhana dengan PHP

PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.
4.4
(64)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin memberikan tutorial sederhana bagaimana cara membuat sebuah web service menggunakan RESTful API dengan bahasa pemrograman PHP. Untuk Anda yang belum tau, secara singkat RESTful API ini adalah sebuah web service atau layanan yang memanfaatkan konsep metodologi HTTP sebagai media transfer datanya. Pada RESTful API ini, bentuk data yang digunakan bisa di sesuaikan dengan kebutuhan Anda, yang populer biasa digunakan ialah JSON dan XML. Keuntungan terbesar dari penggunaan RESTful API, Anda tidak perlu memasang apapun disisi Client. Itulah penjelasan singkat tentang RESTful API.

Baca Juga: Tutorial Lengkap Cara Menggunakan cURL pada PHP

Untuk Anda yang membaca tulisan ini sampai habis, sudah dipastikan Anda akan bisa langsung mengerti tentang RESTful API ini. Untuk contoh kasus, Saya akan membuat sebuah Web Service untuk menghitung Luas Segitiga dengan data berbentuk JSON dan menggunakan method POST. Kenapa contohnya harus menghitung luas Segitiga? Kok simple banget? Kenapa gak yang kompleks sekalian?

Jawab: Agar mudah di mengerti, jadi contohnya juga harus yang mudah. Tujuan sebenarnya adalah dapat memahami konsep dan cara kerjanya.

Oke, langsung saja ya.

RESTful API Sederhana dengan PHP

Tools yang Saya gunakan adalah Notepad++, Xampp PHP 7 dan POSTMAN (Aplikasi untuk testing API). Lalu rumus untuk menghitung luas Segitiga yaitu: Luas = ½ x Alas x Tinggi

Lihat script dibawah ini:

<?php
$arr = json_decode(file_get_contents("php://input"));
if (empty($arr)){ 
	exit("Data empty.");
} else {
	$luas = 0.5 * $arr->alas * $arr->tinggi;
	echo json_encode(array("luas" => $luas));
}
?>

Penjelasan :

Baris ke-1 : Buka Tag PHP
Baris ke-2 : Mengambil data yang dikirim oleh client dan dimasukan ke dalam variable $arr. JSON dikonversi menjadi Array
Baris ke-3 : If, mulai kondisi. Jika data kosong ?
Baris ke-4 : Jika data kosong maka akan menampilkan pesan “Data empty.”
Baris ke-5 : Pengecualian kondisi. Jika data tidak kosong ?
Baris ke-6 : Jika data tidak kosong maka hitung Luas Segitiga dengan parameter alas dan tinggi yang dikirim oleh client. Hasil dimasukan ke dalam variable $luas
Baris ke-7 : Cetak respon untuk client, yaitu hasil perhitungan Luas Segitiga
Baris ke-8 : Tutup kondisi
Baris ke-9 : Tutup Tag PHP

Buat script seperti di atas lalu di save ke folder aplikasi Anda dengan nama index.php, contohnya “htdocs/restful-api/index.php“. Selanjutnya mari kita Testing menggunakan POSTMAN. Parameter body yang kita kirim ke API yaitu alas = 12 cm dan tinggi = 10 cm, bentuk JSON-nya seperti berikut :

{
	"alas": 12,
	"tinggi": 10
}

Untuk memastikan format JSON yang Anda buat sudah benar dan valid, gunakan JSON Validator. Setelah parameter di atas terkirim menggunakan POSTMAN, respon yang dihasilkan dari API yaitu :

{
	"luas": 60
}

Berikut ini hasil dari Testing API di POSTMAN :

Membuat RESTful API Sederhana dengan PHP

Demikian pembahasan tentang Membuat RESTful API Sederhana Dengan PHP, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 4.4/5 dari 64 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.



Hai kak, 1x klik iklan pada blog ini merupakan bentuk donasi Anda untuk penulis blog ini. 😉