rachmat

Search Engine Marketing (SEM)

Social Engine Marketing adalah bentuk pemasaran Internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitasnya di halaman hasil mesin pencari terutama melalui iklan berbayar.
0
(0)

Hallo sobat, pada tulisan kali ini Saya ingin membahas tentang Search Engine Marketing atau biasa di singkat dengan SEM. Untuk Anda yang sedang mencari tau pasti sudah penasaran kan? Apa itu Search Engine Marketing ini, Bagaimana cara kerjanya, Bagaimana sistem pembayarannya dan Apa fungsinya.

Yuk, mari baca dan simak tulisan ini sampai habis. Di jamin akan memberikan manfaat yang besar untuk menambah pengetahuan Anda. Oke, langsung saja ya.

Apa itu SEM?

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. SEM adalah teknik pemasaran dengan menggunakan iklan berbayar yang muncul pada mesin pencarian atau Search Engine. Iklan yang ditampilkan dapat berupa gambar, animasi, video dan tulisan.

SEM merupakan istilah yang lebih luas dari SEO, SEO sendiri hanya bertujuan untuk meningkatkan ranking dan pengunjung organik, sedangkan SEM lebih kepada penargetan terhadap pengguna Search Engine melalui iklan yang Anda buat di provider iklan, iklan tersebut berisikan sebuah link yang menuju ke website bisnis Anda. Jadi, bila ada calon customer Anda klik iklan yang Anda buat, calon customer tersebut akan langsung diarahkan ke website bisnis Anda.

Salah satu contoh provider iklan yang dapat membantu Anda untuk menerapkan SEM ini adalah Google Ads (sebelumnya bernama Google AdWords), Google Ads akan menampilkan iklan Anda di hasil pencarian Search Engine berdasarkan kata kunci yang Anda buat. Iklan pada Google Ads penempatannya berada di paling atas dari list hasil pencarian, atau bisa juga di sebelah kanan hasil pencarian dan di paling bawah dekat dengan menu navigasi halaman hasil pencarian. Berikut ini adalah salah satu contoh tampilan iklan jika Anda menggunakan Google Ads, lihat gambar dibawah ini:

Search Engine Marketing (SEM)

Selain Google Ads ada beberapa provider iklan lainnya seperti Facebook Ads, Yahoo Search Marketing, Bing, Ask, Baidu, Yandex dan lainnya.

Bagaimana Cara Kerja SEM?

Cara kerja SEM akan Saya analogikan seperti berikut ini:

Misalnya Anda adalah seorang Web Developer dan Anda mempunyai pekerjaan sampingan yaitu menjual sebuah jasa pembuatan website melalui media webiste bisnis Anda, lalu Anda ingin mendapatkan pengunjung dari orang yang mengakses kata kunci “Jasa Pembuatan Website” dari Search Engine, maka Anda harus mendaftar pada provider iklan untuk mendapatkan sebuah akun, lalu memasukan sejumlah uang pada akun tersebut untuk deposit biaya iklan.

Langkah selanjutnya membuat iklan yang menarik, kemudian atur iklan tersebut dengan memasukan link destinasi, kata kunci (dalam contoh kasus ini adalah “Jasa Pembuatan Website”), biaya dll. Setelah itu iklan Anda akan di review oleh pihak provider iklan, provider iklan akan meninjau apakah iklan Anda telah memenuhi pesyaratan yang berlaku. Setelah proses pembuatan iklan selesai dan disetujui (namun ada kemungkinan juga ditolak), dalam beberapa jam (tergantung provider) iklan tersebut sudah bisa tampil, iklan tersebut akan tampil pada hasil pencarian di Search Engine jika ada pengguna yang memasukan kata kunci “Jasa Pembuatan Website”.

Pengguna tersebut akan menjadi calon customer Anda, jika pengguna tersebut tertarik pada iklan Anda dan melakukan klik pada iklan, pengguna tersebut akan diarahkan ke halaman website bisnis Anda. Kemudian sejumlah uang yang telah Anda depositkan pada akun provider iklan tersebut akan berkurang (berdasarkan biaya iklan yang Anda atur) karena iklan yang Anda buat sudah bekerja dengan baik.

Bagaimana Sistem Pembayaran SEM?

Sistem Pembayaran SEM atau Search Engine Marketing pada umumnya menggunakan sistem Pay Per Click (PPC) dan Pay Per Impression. Pay Per Click (PPC) adalah sistem pembayaran iklan yang dihitung berdasarkan banyaknya jumlah klik yang dilakukan oleh calon customer terhadap iklan tersebut. Sedangkan Pay Per Impression adalah sistem pembayaran iklan yang dihitung berdasarkan banyaknya jumlah penayangan iklan tersebut.

Apa Fungsi SEM?

SEM atau Search Engine Marketing berfungsi untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada sebuah webiste, sehingga dapat meningkatkan popularitas terhadap kata kunci yang menjadi penargetan. Dengan menggunakan SEM Anda dapat langsung menargetkan area pemasaran sesuai dengan target customer yang sesuai dengan produk Anda. Selain menjalankan SEO Anda juga dapat memanfaatkan SEM ini untuk optimasi pemasaran produk Anda, namun memang tidak bisa dipungkiri untuk menggunakan SEM ini Anda akan dituntut untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Demikian pembahasan tentang Search Engine Marketing (SEM), silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini bila ingin bertanya atau memberi masukan. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 0/5 dari 0 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Hai kak, 1x klik iklan pada blog ini merupakan bentuk donasi Anda untuk kemajuan blog ini.

😉