rachmat

Current Date: 4 July, 2020

10 Teknik Dasar untuk Optimasi SEO Website Anda

Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization, biasa disingkat "SEO" adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
5
(3)

Hallo sobat, pada kali ini Saya ingin membahas tentang teknik dan hal-hal mendasar yang sangat penting dalam optimasi SEO pada sebuah website. Sebelumnya pasti Anda sudah tau kan apa itu SEO? secara singkat SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang merupakan upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian sebuah search engine atau mesin pencarian, dengan mendapatkan ranking tinggi dari hasil pencarian potensi trafik organik website Anda pun akan meningkat.

Baca Juga: Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Yuk, mari baca dan simak tulisan ini sampai habis. Di jamin akan memberikan manfaat yang besar untuk menambah pengetahuan Anda. Oke, langsung saja ya.

Berikut ini Saya telah merangkum 12 point tentang teknik dan hal-hal mendasar yang harus Anda lakukan untuk optimasi SEO website Anda, di antaranya yaitu:

Melakukan Riset Keyword

Riset Keyword atau Riset Kata Kunci merupakan aspek yang sangat penting dalam optimasi SEO, dengan Riset Keyword kita bisa memiliki target pengunjung yang tepat. Andai kita tidak menggunakan Riset Keywords, atau bisa di bilang nulis artikel asal-asalan, sudah dipastikan pengunjung tidak akan ada yang mencari website kita.

Kita bisa Riset Keyword menggunakan berbagai tools, tapi tools Google Keyword Planner lebih di rekomendasikan, karena kita bisa tau harga dari biaya per klik atau perkiraan sesuai dengan High Paying Keyword (HPK) yaitu keyword yang memiliki harga lebih mahal dari pada keyword lainnya. Namun dalam menentukan keyword ini Anda juga harus memperhatikan niche konten dari website Anda, jadi nantinya Anda tidak sembarangan melakukan Riset Keyword.

Menentukan Topik secara Tepat dan Mendalam

Terdapat 2 jenis website, yaitu one niche atau website yang khusus membahas satu jenis topik saja dan multi niche website yang membahas banyak topik. Namun website yang hanya mengandalkan satu topik tentunya akan lebih unggul dan di prioritaskan oleh search engine atau mesin pencarian, karena pengunjungnya lebih tertarget. Berbeda dengan website multi niche yang jarang punya pengunjung tetap, biasanya hanya memiliki pengunjung dari mesin pencari atau dari sosial media.

Optimasi Keyword

Hal ini masih ada hubungannya dengan point Riset Keyword, yang mana setelah kita menemukan kata kunci dari hasil Riset Keyword, lalu kita akan gunakan pada berbagai tempat dalam artikel kita seperti di judul, di dalam isi artikel dan sebagainya. Beberapa penempatan keyword di antaranya: Nama domain, Judul Artikel, URL Permalink, Sub heading dan Alt Gambar.

Update Website dengan Konten Berbobot

Seperti search engine lainnya, Google sangat menyukai website yang selalu memiliki update artikel. Sebab website terkesan segar untuk di nikmati setiap waktu karena selalu ada saja yang bisa di crawl oleh mesin pencarian, dengan konten yang berbobot juga membuat pengunjung suka untuk kembali dan selalu rutin mengecek website kita apakah ada konten terbaru atau tidak. Untuk kategori bobotnya, biasanya di dalam satu artikel memiliki lebih dari 400 kata. Namun pada intinya buatlah artikel yang mudah di pahami dan mudah di baca.

Membuat Konten yang Saling Terkait

Hal ini bertujuan untuk melengkapi dan mengkoneksikan artikel satu dengan yang lainnya, sehingga bagi pengguna yang belum paham dengan isi artikel ini, bisa langsung dilarikan ke artikel terkait lainnya. Hal ini bisa juga untuk mengurangi Bounce Rate website atau rasio pentalan website Anda. Dalam perihal SEO, rasio pentalan ini juga di perhitungkan sebagai alat untuk mengukur kepuasan pengunjung terhadap setiap artikel yang kita buat. Semakin kecil Bounce Rate website Anda maka semakin bagus, ini menandakan pengunjung Anda betah berlama-lama di website Anda.

Gunakan Platform yang Mendukung SEO

Dengan banyaknya platform pembuatan website, mungkin saat ini Anda masih bingung ingin menggunakan WordPress, Joomla, Blogspot atau yang lainnya. Jika kita lihat di internet, dalam perihal SEO, website yang dibuat menggunakan WordPress dan Blogspot memiliki peluang lebih banyak untuk ditampilkan di halaman paling atas pada mesin pencarian. Namun jika Anda menggunakan platform lainnya atau bisa juga membuatnya sendiri, Anda harus melakukan optimasi sebaik mungkin untuk menunjang SEO website tersebut.

Apabila Anda adalah seorang pemula, tidak punya modal dan ingin yang simple dan sederhana saja, Anda bisa menggunakan platform dari Google yang gratis yaitu Blogspot atau Blogger. Namun jika ingin menggunakan platform dengan SEO tools tingkat lanjut, WordPress bisa menjadi pilihan yang menarik, sebab WordPress memiliki banyak plugin yang mendukung kita untuk menciptakan artikel yang SEO friendly. WordPress merupakan platform yang gratis, namun Anda membutuhkan domain dan hosting sendiri, jadi terkesan profesional dari pada menggunakan platform dari Blogspot atau Blogger.

Mendaftarkan Website ke Webmasters Tools

Dalam hal teknik SEO, mendaftarkan website ke sebuah Webmasters Tools adalah sebuah keharusan dan wajib hukumnya. Kenapa wajib? karena dengan mendaftarkan website kita ke Webmasters Tools, artinya sama saja dengan kita mendaftarkan website kita ke search engine atau mesin pencarian. Jika kita tidak mendaftar, sudah bisa dipastikan website kita tidak akan pernah muncul di mesin pencarian. Di Webmaster Tools, Anda bisa memasukan sitemap website yang bertujuan untuk mempermudah mesin pencarian dalam melakukan indexing dan crawl atau perayapan terhadap isi website Anda.

Menggunakan Plugin SEO

Untuk mempermudah optimasi SEO website Anda, Anda juga bisa menggunakan Plugin SEO. Dengan Plugin SEO, website Anda akan terlihat SEO friendly dan baik di mata search engine, karena pada Plugin SEO biasanya sudah memberikan paket lengkap apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang SEO pada sebuah website. Contoh Plugin SEO diantaranya yaitu Yoast WP SEO, All In One SEO Pack, Google XML Sitemaps, dan lain-lain.

Baca Juga: Belajar TAG META untuk Optimasi SEO

Membuat Akun Sosial Media

Saat ini sosial media adalah alat marketing website yang paling tepat, Anda akan merasakan dahsyatnya efek yang di timbulkan dari sosial media seperti Facebook, Twitter, atau di berbagai forum diskusi. Sosial media akan sangat membantu dalam memperkenalkan website Anda kepada orang banyak dan sangat penting untuk membantu meningkatkan traffic pengunjung website Anda. Namun sosial media ini juga tidak boleh Anda salah gunakan, misalnya dengan melakukan spamming di mana-mana dan menggunakan tools yang mampu mengirim otomatis ke semua grup FB, secara tidak langsung hal ini bisa menurunkan reputasi website Anda perihal SEO.

Membangun Backlink yang Berkualitas

Backlink adalah sebuah link yang dipasang pada suatu website yang mengarah ke halaman website Anda. Jika Anda memiliki teman yang mempunyai website berkualitas dengan traffic tinggi, bangunlah relasi dengannya, bujuk dia agar mau merekomendasikan dan memasang link website Anda di websitenya. Jika website Anda memiliki Backlink dari website yang berkualitas, search engine akan menilai bahwa website Anda adalah website yang berkulaitas juga, sehingga website Anda akan masuk ke dalam kategori prioritas search engine.

Baca Juga: Kenapa SEO Sangat Penting untuk Website?

Demikian pembahasan tentang 10 Teknik Dasar untuk Optimasi SEO Website Anda, silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini bila ingin bertanya atau memberi masukan. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda yang membaca, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Terima Kasih

Apakah artikel ini membantu Anda?

klik bintang untuk memberikan nilai

Total nilai 5/5 dari 3 suara

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi nilai pada tulisan ini.

1 Komentar

  1. ChloeHeste Reply

    If you do men and women will link to you since what you have written is valuable to them and their readers and you will get site visitors that way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Hai kak, 1x klik iklan pada blog ini merupakan bentuk donasi Anda untuk kemajuan blog ini.

😉